MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN SIMPLE CUKUP 5 MENIT

Media Pembelajaran berbasis web menggunakan glide app - Pemerintah kembali menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 4, 3 dan 2 pada hari selasa tanggal 17 Agustus 2021. Pemberlakuan PPKM diumumkan oleh  Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku koordinator PPKM darurat pada konferensi pers daring. permberlakuan PPKM tersebut diperpanjang hinggal tanggal 23 agustus 2021.

Dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Pada Masyarakat sektor pendidikan kembali harus memperpanjang kegiatan belajar mengajar secara daring. 

Pada artikel sebelumnya kami telah memberikan 5 Tips Belajar Secara Daring Selama Masa PPKM, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membuat media pembelajaran berbasis web  gratis yang bisa dimanfaatkan oleh bapak/ibu dalam kegiatan belajar mengajar daring.

Pembuatan media pembelajaran berbasis web ini dibuat menggunakan glideapps, glideapp merupakan sebuah situs web, yang dapat merancang sebuah aplikasi dengan database dari google sheet, mereka mengklaim dengan menggunakan glideapp ini memungkinkan bapak/ ibu dapat membuat aplikasi hanya dengan lima menit saja. (mungkin khusus yang sudah mahir kalau kita mah mengkin bisa lebih dari itu 🤭 wkwk).

Media Pembelajaran berbasis web menggunakan glide app

Oke jangan berlama-lama lagi mari kita buktikan, apakah kita bisa membuat aplikasi hanya hitungan lima menit saja! berikut tutorialnya.

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

  • Tahap satu Membuat Database Aplikasi

Dalam pembuatan aplikasi yang terpenting ialah memiliki akun google karena dengan akun tersebut terhubung dengan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dalam pembuatan media pembelajaran ini.

selanjutnya buka google drive menggunakan akun google yang bapak / ibu miliki dan buat folder baru dengan nama menyesuaikan dengan mata pelajaran bapak / ibu.

Google Drive 1

Setelah folder telah terbuat kemudian klik kanan pada folder kemudian pilih get link setelah itu akan menu share kemudian pilih anyone with the link setelah berubah Link-nya berubah jadi warna hijau kemudian pilih done.

Google Drive 2

Selanjutnya masuk ke folder yang telah di buat kemudian klik kanan di sembarang akan muncul menu pilih -> Google sheets -> blank spreadsheets

Dr4

Setelah itu akan dialihkan ke tab googlesheet pada browser, kemudian buat 3 sheets baru dengan nama HOME, MATERI dan ISI MATERI dengan cara klik icon tambah (add sheets) pada pojok kiri bawah google sheets.

Setelah Sheets telah dibuat isi masing-masing sheets dengan text berikut : 

  • Sheets HOME : Cover Depan - Deskripsi - SOP
sheet 2
  • Sheets MATERI : Cover Kelas - Kelas - Deskripsi
sheet 3
  • Sheets ISI MATERI : Cover Mapel - Materi - Deskripsi 1 - Pendukung - Tugas - Kelas
sheet 4

Atau bagi yang  membutuhkan file Googlesheet-nya silahkan Download agar memudahkan bapak / ibu tidak membuat lagi secara manual (file tinggal upload ke folder drive yang tadi dibuat)

Setelah proses diatas dilakukan isi materi sesuai dengan materi ajar.
  • Tahap dua Membuat Akun Glideapps
Setelah kita membuat database di google drive maka saatnya kita membuat aplikasi yang katanya hanya lima menit itu. 
hal pertama yang perlu dibuat adalah daftar akun glide terlebih dahulu dengan klik tombol sign up pada dasboard. 
glide 1
setelah di klik akan diarahkan ke halaman pendaftaran. kemudian bapak / ibu pilih "Sign up with Google" 
kemudian pilih akun google yang sesuai dengan google drive 
kemudian akan muncul windows baru dan pilih allow
glide 3
pembuatan akun telah selesai, maka bapak/ ibu akan di arahkan ke dasboard pembuatan Aplikasi dan isi Identitas seperti nama depan dan belakang dan peggunaan aplikasi glide -> Pilih For School
  • Tahap tiga Membuat Aplikasi di Glideapps

Next Post Previous Post