Menjadi Guru Yg Kreatif & Inovatif

Mengapa pengajar harus kreatif dan Inovatif ? Ataukah kita akan tetap berkutat menggunakan pembelajaran yg konvensional ?

Menjadi Guru Yg Kreatif & Inovatif

Mari kita instropeksi diri sebagai pengajar dalam mengungkapkan proses pembelajaran selama ini, apakah hanya menyesuaikan kondisi yg terdapat di lingkungan sekolah, ataukah berani merogoh langkah buat menggali warta di aneka macam bidang menjadi tantangan dalam berbagi professional seseorang pendidik demi masa depan anak bangsa ? 

Sebagai seorang guru matematika, penulis adalah pendidik yang mempunyai impian mengakibatkan siswa sebagai generasi emas dan aset bangsa di masanya. Matematika merupakan ilmu yang abstrak, lebih poly berkutat dengan angka-angka, teori dan komputasi bilangan. Tidak banyak murid yg antusias mendapat pelajaran matematika waktu proses pembelajaran berlangsung secara terus-menerus.

Sebuah inspirasi kreatif seorang pengajar sangat diperlukan buat bisa mengubah situasi pembelajaran menjadi menarik dan efektif sekaligus mengajak siswa lebih aktif. Jika ketika ini merupakan era teknologi digital, ada kemungkinan ide pembelajaran yang kita kembangkan merupakan lebih banyak herbi teknologi digital karena secara mayoritas siswa akan lebih tertarik menghadapi sesuatu yang up to date. Dalam era globalisasi persoalan-persoalan yang timbul pada pembelajaran salah satunya harus diantisipasi menggunakan inovasi-penemuan terhadap model pembelajaran atau media pembelajaran.

Bagaimana wujud & implementasi kreativitas seseorang guru dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif ?

Seorang pengajar merupakan inovator yg dalam dasarnya dituntut buat memiliki kemampuan dalam menaikkan mutu pendidikan melalui inovasi pembelajaran. Pengajar sebagai inovator pembelajaran mau tidak mau harus menaikkan kemampuan diantaranya :

  • Teknologi yang adalah kekuatan pendorong terhadap penemuan dan kesuksesan. Teknologi memang adalah salah satu asal penemuan, akan namun bukanlah satu-satunya. Kenyataannya ketika ini poly pengajar yg berupaya meraih keberhasilan buat berinovasi.
  • Ada kreativitas yang tergantung gagasan-gagasan yang dimunculkan. Seorang inovator adalah orang yang berhasil mengambil peluang-peluang buat mewujudkan gagasan-gagasan yang ada & secara realita dapat dikembangkan.

Dalam prosesnya, penerapan kemampuan berinovasi, berdasarkan Kuratko (1995) ada empat jenis inovasi:

  • Penemuan ( Invensi), yakni produk atau proses yg benar-sahih baru;
  • Pengembangan (Eksistensi), yakni pemanfaatan atau penerapan yang terdapat berdasarkan konsep yg telah terdapat;
  • Penggandaan (Duplikasi), yakni refleksi kreatif atau konsep yang telah ada; dan
  • Sintesis, yakni kombinasi atas yg telah terdapat pada dalam penggunaan atau formulasi baru.

Apa yang sudah dilakukan oleh penulis waktu menyebarkan penemuan pembelajaran merupakan sebuah upaya agar matematika menjadi ilmu yg abstrak dapat dipelajari menggunakan menyenangkan dan dimungkinkan bisa dipelajari melalui visualisasi. Salah satu pendukung dalam mewujudkan cita-cita & pencapaian tujuan pembelajaran merupakan mengembangkan media pembelajaran yang inovatif melalui wangsit-ide kreatif dan menarik. Beberapa penemuan yang dikembangkan penulis sebagai media pembelajaran adalah pemanfaatan berdasarkan konsep yg telah terdapat yakni memakai aplikasi yang ada untuk dikembangkan secara kreatif dari materi yang akan dipelajari oleh murid  yang selanjutnya membentuk pelaksanaan & eksklusif digunakan sebagai media pembelajaran.

Beberapa pengembangan media yg sudah dikembangkan sang penulis & dimanfaatkan sang murid antara lain:

1. Aplikasi Mind mapping terali Ujian Nasional Matematika menggunakan software Mindjet MindManager

Mind mapping ini digunakan buat menciptakan perencanaan penyampaian konsep/materi menggunakan cara meringkas pada bentuk peta konsep/peta pikiran dalam materi matematika yg diuji-Nas-kan dan dibentuk link secara otomatis.

Manfaatnya antara lain: 1) dapat mempertinggi pemahaman/daya ingat konsep materi; dua) dapat menaikkan motivasi belajar. Sedangkan tujuan dibentuk mind mapping terali Ujian Nasional  antara lain : dua) buat mengklasifikasi materi pada kisi-kisi UN; 2) buat mempermudah mengingat konsep-konsep materi dalam kisi-kisi UN.

2. Aplikasi Videoscribe menggunakan software sparkol materi Teorema Pythagoras.

Videoscribe merupakan video animasi tangan yang menciptakan sebuah gambar dan goresan pena. Gambar dan goresan pena ini dirangkai membentuk suatu rangkaian cerita mengenai konsep suatu materi dalam bentuk video. Bahan ajar menggunakan Sparkol Videoscribe pada pelajaran matematika materi Teorema Pythagoras sangat menarik & bisa menciptakan peserta didik termotivasi dalam belajar lantaran media yang ditampilkan  menggunakan perangkat lunak ini bisa dilengkapi dengan animasi dan dengan video ini kita hanya perlu memutarkannya, pada pause lalu jelaskan dan play pulang.

Pembuatan Videoscribe ini telah diupload pada lyoutube berikut :


3. Aplikasi Android menjadi media pembelajaran materi Teorema Pythagoras dengan Brackets & aplikasi XDK

Pembuatan media diawali dengan merancang konten materi terlebih dahulu melalui program brackets. Setelah terselesaikan kemudian diinstal di android melalui software XDK. Tujuan dari pembuatan media ini adalah agar siswa termotivasi untuk menaikkan pembelajaran & bisa memanfaatkan android dalam bahan ajar ini kapan saja.

4. Aplikasi Focusky video pembelajaran matematika materi Fungsi & Bangun Ruang Sisi Lengkung.

Focusky merupakan sebuah aplikasi  yg dapat digunakan buat menciptakan presentasi dengan pengaruh “Zoom dan Pan” yaitu impak perbesaran & pergeseran. Output dari pelaksanaan ini bisa berupa pelaksanaan EXE juga video.

Manfaat berdasarkan pelaksanaan focusky menjadi media pembelajaran matematika adalah anak didik dapat termotivasi belajar dengan semangat, baik secara secara berdikari maupun terbimbing melalui aplikasi focusky.

Link video pembelajaran matematika dengan focusky

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur pada UU ITE


Next Post Previous Post