TUTORIAL APLIKASI EXCEL RAPORT K13 MI/MTs/SMP

TUTORIAL APLIKASI EXCEL RAPORT K13

Setelah Kita download aplikasi raport kurikulum 2013 dan mempersiapkan nilai-nilai untuk diinput ke dalam aplikasi. Mari kita lanjut ke tutorial input aplikasi raport kurikulum 2013 :

1. Persiapkan data-data identitas siswa terlebih dahulu baik dalam excel atau Word.

2. Masuk ke sheet "DATANE" kemudian isi sesuai dengan kolom yang telah disediakan

Datane
Datane
3. Klik  sheet "INDUK" salin nomor induk sesuai dengan kelasnya masing-masing dan input nama wali kelas pada kolom tersedia.
Induk
Induk
Induk
4. Klik  sheet "Data" perhatikan pada kotak aplikasi nilai K13 MTs, input alamat, Nama kepala madrasah, kelas, semester, tahun pelajaran, wali kelas, Kabupaten dan titimangsa raport.
Data
5. Klik  sheet "Data2"  isi materi muatan lokal sesuai dengan madrasah masing-masing kemudian apabila saudara ingin menggunakan KKM mata pelajaran berarti saudara harus memilih multi KKM dan apabila Madrasah saudara menggunakan KKM Madrasah Pilihlah KKM tunggal.
Data2
6. Input pada sheet yang telah disediakan.  saudara wajib menginput ringkasan materi pengetahuan dan keterampilan agar deskripsi mata pelajaran dapat terisi otomatis tapi dengan syarat batasan maksimum penulisan materi 65 huruf. Kemudian input nilai mata pelajaran (pengetahuan dan keterampilan) pada kotak berwarna putih.
TUTORIAL APLIKASI EXCEL RAPORT K13 MI/MTs/SMP
Input KD
7. Menginput nilai sikap pada sheet "sikap", Kemudian isi sikap spiritual yang biasa dilakukan oleh siswa dengan memilih pada dropdown yang telah disediakan.
Nilai Sikap

8. Masuk ke sheet "Wali" pada kolom absen isi jumlah keterangan sakit izin dan Alfa sesuai dengan data absen  kelas. Dan pada ekstrakurikuler tulis ekstrakurikuler yang diikuti oleh siswa dan input nilai beserta deskripsinya secara manual.

Wali Kelas

9. Klik sheet "Wali2" kemudian isi pada option sesuai dengan catatan wali kelas yang terdapat pada atas tabel.

Wali Kelas 2

10. Kemudian masuk ke sheet "KKM1 atau multi KKM". Sesuaikan dengan pilihan saudara ketika memilih KKM pada sheet “Data2”

KKM

KKM Multi

11. Klik sheet "Hal-1.2". Isi kolom secara manual pada NIS, Kelurahan atau desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan email.
TUTORIAL APLIKASI EXCEL RAPORT K13 MI/MTs/SMP

12. Masuk sheet "Hal 3" input tanggal tanda tangan dan nama kabupaten. Bagaimana cara mencetak “keterangan tentang diri peserta didik” ini yaitu dengan menggulir pada menu yang telah disediakan disamping “tanggal tanda tangan”.

TUTORIAL APLIKASI EXCEL RAPORT K13 MI/MTs/SMP

13. Terakhir, untuk mencetak daftar kumpulan nilai atau leger masuk ke sheet DKN kemudian ketik CTRL+P pada laptop saudara.

DKN - Leger

Mungkin hanya sekilas tutorial yang dapat saya sampaikan apabila terdapat pertanyaan, silakan pertanyakan di kolom komentar terima kasih.

MADRASAH HEBAT BERMARTABAT


Next Post Previous Post