Mengenal Apa Itu Kurikulum Merdeka: Ini Esensi Dan Implementasi Pada Sekolah Dan Kampus

Baru-baru ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, & Teknologi, Nadiem Makarim meluncurkan kurikulum pendidikan yg dinamakannya Kurikulum Merdeka. Apa itu Kurikulum Merdeka yang sebagai nama resmi berdasarkan kurikulum prototipe? 

Kurikulum merdeka adalah terobosan pendidikan yang menitikberatkan dalam minat & talenta murid

Nadiem Makarim sudah mengungkapkan mengenai apa itu Kurikulum Merdeka. Menurutnya, kurikulum ini sudah diuji coba di 2.500 sekolah penggerak dan akan digunakan mulai tahun ajaran 2022/2023 di jenjang Taman Kanak-kanak, SD, SMP, sampai SMA. 

Untuk tahu lebih persisnya seperti apa itu Kurikulum Merdeka, silahkan simak penerangan dalam artikel ini sampai akhir. 

Dalam Kurikulum Merdeka, pendidikan berpatokan pada esensi berdasarkan belajar pada mana masing-masing anak mempunyai talenta & minatnya masing-masing. Dengan kedua hal tersebut, maka tolok ukur yang diterapkan buat menilai kedua anak yg mempunyai minat berbeda pun tidak sama. 

Sehingga setiap anak tidak mampu dipaksakan untuk menilik sesuatu hal yang nir disukainya. Tujuannya buat mengasah minat & talenta anak semenjak dini. 

Terobosan dari Menteri Nadiem Makarim ini bisa diterapkan dengan terlebih dahulu melalui empat upaya pemugaran. Dengan perbaikan dalam infrastruktur dan teknologi pendidikanPerbaikan dalam hal kebijakan, mekanisme, pendanaan, serta pemberianotonomi lebih pada satuan pendidikanPerbaikan pada kepemimpinan, rakyat, dan budayaPerbaikan dalam kurikulum, pengajaran, dan asesmen.  

 Pelaksanaan atau implementasi merdeka belajar kedepannya bisa dibagi ke pada beberapa tahap, diantaranya: 

Dengan lebih dahulu menghadirkan empat pokok kebijakan terkait menggunakan paradigma metode belajar & mengajar yg usang diubah menjadi lebih progresif ke arah kemajuan.

Penghapusan ujian sekolah berstandar nasional dan mengganti ujian nasional menjadi asesmen nasional 

Penyederhanaan planning aplikasi pembelajaranDilakukan perubahan terhadap kebijakan penerimaan peserta didik baru, yang mana harus lebih fleksibel 

Sementara itu, Kurikulum Merdeka dalam wilayah kampus juga mempunyai implementasinya sendiri. Dalam lingkup perguruan tinggi, Kurikulum Merdeka dapat diimplementasikan menggunakan kampus menaruh kesempatan kepada mahasiswa agar menerima pengalaman belajar lain di luar program studi yg dipilihnya.


Next Post Previous Post